Saturday, November 12, 2016

Review Novel (ReNe) SPAMMER- Ronny Mailindra - Indonesia

Judul buku: SPAMMER
Penulis: Ronny Mailindra
Penerbit: Bentang
Tahun terbit: 2016, cetakan pertama
Tebal buku: +320 halaman
Harga buku: 65.000 ribu rupiah
                Spammer, novel karya Ronny Mailindra ini merupakan novel bergenre Thriller dan Action. Ronny biasa membuat cerita dengan genre suspense atau thriller dan fantasi. Ronny bertempat tinggal di Bandung dan menyandang gelar M.Sc. Sehari-hari, ia bekerja sebagai seorang Software Engineer di E-Bussiness. Ia dan teman-temannya juga sudah pernah menerbitkan sebuah novel sastra kontentporer dan 2 buah cerpen fantasi. Salah satunya adalah Lenka, Fantasi Fiesta 2010, Antalogi Cerpen Fantasi Terbaik 2010, dan Kumpulan Cerpen Fiksi Fantasi 2012. Jika dibandingkan dengan Novel lain, Spammer lebih mencondong kearah virus, dan keadaan politik Indonesia. Seolah-olah ingin menampar para koruptor di Indonesia, melalui tulisannya. Walaupun novel ini merupakan novel fiksi fantasi, namun semua yang ditulis terlihat jelas dan masuk akal. Dibalut dengan perkelahian dan penyogokan, semua menjadikan novel ini sebagai juaranya.
                Dalam setiap chapter yang Ronny buat, ia selalu menjelaskan keadaan karakter tersebut sedetail mungkin. Hingga baju, keadaan fisik, ataupun keadaan lingkungan tempat karakter yang ia bangun berdiri. Di novel ini, kita bisa merasakan sensasi terkejut ataupun hal-hal yang tidak dipikirkan sebelumnya.
                Spammer sendiri bercerita mengenai seorang penggaguran bernama Vergis yang biasanya men-spam­ e-mail­ dengan menggunakan virus demi mendapatkan uang. Lalu tanpa sengaja, spam yang ia buat, mencuri e-mail berharga seorang koruptor--Aven. Ia lalu dikejar karena, jika dokumen yang ia curi itu diberikan kepada KPK, Aven akan tamat. Vergis dikerjar hingga ke luar kota dan diterror lewat e-mail yang dikirim oleh Leak—hacker suruhan Aven, ataupun orang yang mendatanginya. Salah satu klimaks yang paling membuat kita tidak menyadari adalah ketika nama Leak yang sebelumnya tidak dikenal, menjadi terkenal karena ulah Vergis.
                Lo tau, karena nama lo gak dikenal, semua orang bisa menggunakan nama lo. Dan gue, bakalan membuat nama lo terkenal!”
                Menurut saya, konten Spammer bila dibaca sangatlah mudah dimengerti. Keadaan atau kondisi pelaku sangat jelas, sehingga kita bisa mengetahui apa saja yang dilakukan pelaku pada saat itu. Nama peran yang dipakai sangatlah sedikit, sehingga membuat pembaca dapat mengingat, peran apa saja yang dilakukan pelaku. Dalam cerita ini, juga diselipkan beberapa informasi mengenai komputer, yang belum tentu kaum awam mengerti. Namun, bahasa yang dipakai, sedikti tidak enak didengar, khususnya untuk anak dibawah umur. Namun, jika dibaca oleh remaja, bahasa yang dipakai sangat cocok dengan keadaan pelaku.
                Spammer lebih cocok bila dibaca oleh para remaja muda. Dikarenakan, bahasanya yang tidak terlalu baku dan juga tidak terlalu gaul. Konten yang diberikan juga termasuk ringan untuk para pembaca baru. Walaupun, ada beberapa bagian yang membuat para pembaca, temasuk saya, sedikit terkejut dengan hasilnya. Tentu saja, Novel ini cocok untuk pembaca yang menyukai thriller, suspense, action. Semua genre tersebut, sudah disiapkan didalam novel spammer karya Ronny Mailindra.

No comments:

Post a Comment